Skip to content
Cara Cek BPJS Kesehatan Gratis Dari Pemerintah

Ikuti Cara Ini Untuk Mengecek Status BPJS Kesehatan Gratis Dari Pemerintah

Mengetahui cara melakukan cek BPJS kesehatan gratis dari pemerintah juga membantu peserta mengurangi kemungkinan status mereka berubah. Misalnya, ketika status kepesertaan berubah menjadi peserta mandiri karena perubahan kondisi pekerjaan atau pendaftaran mandiri, informasi ini sangat penting karena status mandiri berarti peserta harus membayar iuran sendiri, berbeda dengan BPJS gratis yang ditanggung pemerintah. Dengan tau cara cek BPJS kesehatan gratis dari pemerintah, peserta dapat memastikan status kepesertaan mereka dan menghindari masalah saat memanfaatkan layanan kesehatan.

Memahami cara cek BPJS gratis dari pemerintah sangat penting. Jangan sampai kita lengah dan tidak mengetahui status BPJS Kesehatan kita sendiri. Dengan mengetahui status kepesertaan, peserta dapat memastikan bahwa mereka tetap menerima layanan kesehatan tanpa khawatir tentang pembayaran iuran.

Cek BPJS Kesehatan Gratis Dari Pemerintah

Untuk mengetahui status kepesertaan JKN-KIS Anda, gunakan aplikasi ini untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Akses Aplikasi Mobile JKN

Untuk memulai, pastikan Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi Mobile JKN yang terpasang di smartphone Anda. Ini akan memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik.

  • memasukkan NIK atau nomor kartu dan kata sandi Anda.

Setelah membuka aplikasi, Anda harus melakukan login. Di kolom yang tersedia, Anda harus memasukkan nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor kartu JKN-KIS Anda. Kemudian, masukkan password yang telah Anda masukkan sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi

  • Masukkan Captcha, pilih menu peserta
Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode captcha yang muncul di layar. Ketikkan kode tersebut di kolom yang telah diberikan. Captcha ini digunakan untuk memastikan bahwa orang yang mencoba masuk bukan robot. Setelah itu, klik tombol “Login” untuk melanjutkan.
  • lihat informasi tentang status keaktifan pesertaan JKN-KIS.
Pada halaman menu peserta, Anda akan menemukan berbagai informasi penting tentang kepesertaan Anda. Halaman ini akan menampilkan status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda serta data identitas Anda. Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data Anda untuk menghindari kesalahan atau ketidakaktifan yang tidak terduga.
 

Cek Status Melalui JKN CHIKA

Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tetap dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Salah satu cara yang praktis dan cepat untuk mengecek status kepesertaan Anda adalah melalui layanan CHIKA, yang dapat ditemukan di beberapa platform media sosial BPJS Kesehatan seperti Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp.

Ada beberapa aplikasi media sosial BPJS yang dapat digunakan untuk mengakses layanan CHIKA, seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, dan aplikasi WhatsApp di 08118750400. Proses yang lebih rinci dapat ditemukan di sini:

  • Layanan CHIKA dapat diakses melalui media sosial.

Untuk menemukan akun resmi BPJS Kesehatan di Facebook/BPJSKesehatanRI/, buka aplikasi Facebook Messenger dan cari akun di @Chika_BPJSKesehatan_bot. Untuk WhatsApp, simpan nomor 08118750400 di kontak telepon Anda dan buka aplikasi WhatsApp dan mulai berbicara dengan nomor tersebut.

  • Pilih menu untuk melihat status peserta.

Untuk mengetahui status kepesertaan Anda, setelah menggunakan salah satu platform di atas untuk mengakses layanan CHIKA, pilih menu yang sesuai. Biasanya, menu ini ada dalam daftar pilihan yang diberikan oleh sistem otomatis CHIKA.

  • Mengisi nomor peserta atau NIK

Untuk menghindari kesalahan, ketikkan nomor peserta JKN-KIS atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda pada kolom yang diminta.

  • Input Tanggal Lahir
  • Lihat Informasi Status Peserta JKN-KIS

CHIKA akan menampilkan informasi tentang status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda setelah Anda memasukkan nomor peserta atau NIK dan tanggal lahir dengan benar. Informasi ini akan menunjukkan apakah kepesertaan Anda masih aktif atau tidak, serta data terkait lainnya.

Baca Juga : Cek dan bayar tagihan first media lebih mudah disini

Anda dapat dengan mudah mengecek status BPJS Kesehatan langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Metode ini sangat bermanfaat bagi mereka yang lebih suka mendapatkan informasi secara langsung dan bertatap muka dengan petugas. Untuk memudahkan proses pengecekan, pastikan selalu membawa dokumen identitas yang diperlukan.Sekian informasi tentang cara cek BPJS kesehatan gratis dari pemerintah

4.9/5 - (13 votes)